• Breaking News

    Glest RadioSini...::...Iklankan Produk dan Usaha Anda di www.glestradio.com atau di Glest Radio ...::...Anda Sedang Mendengarkan Glest Radio Streaming, yang dipancarluaskan dari Graha Glest - Tangerang - Banten....::...GLEST GO Green...:::...Mau Pasang iklan Di Glest Radio atau situs glestradio.com silahkan Klik Di Sini

    Manfaat Vaksin Meningitis Berfungsi Mencegah Radang Selaput Otak

    Glest Radio .com - MENINGITIS meningokokus adalah penyakit radang selaput otak dan selaput sumsum tulang yang terjadi secara akut dan cepat menular. Umumnya meningitis disebabkan oleh infeksi virus, meski ada juga kasus yang disebabkan akibat infeksi bakteri,jamur, atau parasit. Meningitis akibat bakteri umumnya lebih serius dan bisa berakibat fatal dibandingkan dengan infeksi virus.

    Spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Balikpapan Husada (RSBH) dr Shelly Laksmisari, Sp.Pd menjelaskan, vaksinasi meningitis merupakan pemberian kekebalan tubuh yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya radang selaput otak yang disebabkan oleh kuman nonspesifik seperti Strastokok, Pneumokok, Hemofilus influenza, Neisseria meningokok, atau kuman spesifik seperti tuberkulosis (TBC), virus, jamur, dan protozoa.

    “Penyebab yang paling banyak ditemukan adalah bakteri Neisseria meningitidis serogroup A,C,W,Y,” ucapnya.

    Shelly mengatakan, kawasan Timur Tengah merupakan daerah yang masuk dalam endemi penyakit ini. Hal tersebut, tutur dr Shelly, dikarenakan suhu dan kelembaban kawasan Timur Tengah matching dengan kehidupan virus dan bakteri yang menjadi penyebab radang otak meningitis itu.

    “Karena masuk dalam kategori endemi radang otak, maka setiap individu yang kesana, termasuk calon jemah haji dan umrah, dapat dengan mudah terinfeksi penyakit ini. Untuk mencegah infeksi tersebut, maka vaksin meningitis harus diberikan,” kata Shelly.

    Dipaparkan, apa pun penyebabnya, gejala peradangan otak umumnya mirip yaitu panas tinggi, sakit kepala, mual dan muntah, disusul kaku pada tengkuk, kejang dan terjadi penurunan kesadaran.

    Penyakit radang selaput otak meningitis, lanjutnya, menular melalui kontak langsung dengan bakteri lewat sekret hidung, atau  tenggorokan penderita melalui droplet infection atau percikan ludah. Umumnya, penularan lebih sering terjadi melalui carrier (pembawa) dari si penderitanya.

    Lebih lanjut dikatakan, penyakit yang menyerang selaput otak itu, bisa berakibat fatal atau meninggalkan kecacatan, meskipun pada umumnya si penderita bisa disembuhkan secara total.

    Ditambahkan, vaksinasi meningitis tidak boleh diberikan kepada ibu hamil, karena dapat menyebabkan kecacatan dan kematian bagi janinnya.

    “Inilah kenapa wanita hamil dilarang melakukan ibadah haji atau umrah ini. Karena setiap orang yang pergi haji dan umrah harus melakukan vaksinasi meningitis ini,” bebernya.

    Selaput otak atau meninges terdiri atas tiga selaput jaringan ikat yang membungkus dan melindungi otak serta sumsum tulang belakang yang lunak. Ketiga selaput yang dinamai pia mater, arakhnoid, dan dura mater, itu berupa selaput terpisah tapi berkesinambungan dari dalam ke luar.

    Lapisan-lapisan tersebut menutup otak, berupa pembuluh darah yang memberi makan jaringan saraf. Selaput itu juga mencegah masuknya bahan-bahan yang merugikan otak. Jika otak terinfeksi virus dan bakteri penyebab meningitis, maka terjadilah radang selaput otak yang akibat fatalnya bisa merugikan kesehatan.(dha)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Hosting Unlimited Indonesia
    DomaiNesia

    Feng Shui

    Promo