• Breaking News

    Glest RadioSini...::...Iklankan Produk dan Usaha Anda di www.glestradio.com atau di Glest Radio ...::...Anda Sedang Mendengarkan Glest Radio Streaming, yang dipancarluaskan dari Graha Glest - Tangerang - Banten....::...GLEST GO Green...:::...Mau Pasang iklan Di Glest Radio atau situs glestradio.com silahkan Klik Di Sini

    Dugaan Korupsi RSUD Balaraja Rp.14,115 Miliar Mencuat

    GlestRadio.com - Korupsi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balaraja senilai Rp 14,115 miliar yang dihentikan Kejaksaan Tinggi Banten menyisakan informasi menarik. Ada jejak Tubagus Chaeri Wardana, yang kini menjadi tersangka penyuapan Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar.

    Mantan Kejaksaan Negeri Tangerang, Agus Sutoto menyatakan bahwa kasus itu pada 2008 awalnya ditangani tim penyidik pidana khusus Kejaksaan Negeri Tangerang. Dalam penyelidikannya, pihaknya menetapkan lima tersangka. “Salah satu tersangka John Chaidir sebagai direktur utama kontraktor proyek PT. Glindingmas Wahana Nusa,” kata Sutoto, Senin, 7 Oktober 2013.

    Namun Kejaksaan Negeri Tangerang tidak bisa lagi mengungkap kasus itu lebih dalam lantaran diambil alih Kejaksaan Tinggi Banten yang saat itu kepala kejaksaan tinggi dijabat Dondy Kumando Soedirman. “Kelanjutannya saya tidak mengetahui,”ujar Sutoto. 

    Sumber Tempo menyebut kasus itu melibatkan Tubagus Chaeri Wardana. Mantan Kepala seksi pidana khusus Kejaksaan Negeri Tangerang, Rahmat Haryanto mengatakan Chaeri bisa jadi ‘terlibat’. Sayangnya sejauh ini Kejaksaan Negeri belum memeriksanya.

    “Kami memang pada waktu itu berencana memanggil (-Chaeri) untuk mendalami kasus itu. Namun Kejaksaan Tinggi Banten keburu mengambil alih,”kata Rahmat.

    Chaeri Disebut Nama Chaeri kata Rahmat disebut oleh tersangka John Chaidir.  Namun, kata dia, dirinya tak bisa memastikan apakan penyebutan nama itu sebagai dalih John sebagai perlindungan karena dia (-Chaeri) masih kerabatnya. “Kami belum dalami saat itu,” kata Rahmat.

    John Chaidir ternyata merupakan suami Ratu Tatu Chasanah, Wakil Bupati Serang 2010-2015. Tatu merupakan anak kedua Chasan Sochib dan Wasiah Samsudin. Dia adik kedua Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah sekaligus kakak Tubagus Chaeri, suami Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany. 

    John disebut-sebut sebagai alumni Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung. Dia menjabat Direktur utama PT. Glindingmas Wahana Nusa. Perusahaan ini beralamat di jalan Dr. Hatta 187 Sukamah Cipedes, Bandung, Jawa Barat.

    Selain John, empat tersangka lainnya adalah pejabat kala itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten, Djadja B Suhardja, Pejabat Pembuat Komitmen Dinkes Provinsi Banten, Natsir Azis, Kepala Proyek Dimas Widyatmo dan konsultan pengawas proyek dari PT. Cipta Sarana Mitra Ade Siswanto. 

    Kelima tersangka itu dikenai Undang-undang Tindak Pidana Korupsi Pasal 2 dan 3 jo. Pasal 55 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman minimal empat tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara.


    Sumber : Tempo

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Hosting Unlimited Indonesia
    DomaiNesia

    Feng Shui

    Promo